Kebanyakan orang mengatakan bahwa
Spartan merupakan varian Vespa yang paling boros. Pendapat demikian
sangat masuk akal, karena Spartan mengusung dapur pacu 200CC. Tahun
1989, Ortu beli Spartan dan saya pakai sampai sekarang. Konsumsi bensin 1
liter untuk 35 km dalam kota. Untuk luar kota 1 liter bensin bisa
mencapai 40 km. Sebagai perbandingan, konsumsi bensin segitu imbang
dengan Mio Soul yang cuma 115 CC 4 Tak. Perlu untuk diketahui bahwa
Vespa mempunyai mesin yang sangat sederhana dan sangat-sangat efisien
sehingga optimal dalam mengubah bahan bakar menjadi tenaga. Dengan
catatan, spek mesin harus terjaga sesuai standard pabrik.
Spesifikasi Spartan saya adalah sbb:
Spesifikasi Spartan saya adalah sbb:
Spartan, P200XE 1989 |
Type : Spartan P200XE tanpa starter electric, tanpa accu.
Karbu : DellOrto 24/24E
Pilot Jet : 55/100
Main Jet :116/100
Piston : Standard
Lubang Hisap : Standard
Knalpot : Standard
Bensin : Premium
Oli Mesin : Mobile 1 (Oli mesin 4 Tak), Ganti oli tiap 5000 km
Oli Samping : Castrol, Campuran 2,5% langsung di tangki bensin, AOM tak digunakan.
Top Speed : 115 Km/Jam pada gigi 3. Top speed gigi 4 ngacirr bray mggo aja coba
Spartan dirancang untuk touring, bukan untuk road race ato drag. Kalo cuman untuk harian, jangan sekali-kali mengubah spek. Pemakaian kenalpot racing bisa menyebabkan bensin boros, dan loyo di
tanjakan. Selain perubahan knalpot, hal utama yang menyebabkan Vespa boros adalah lubang hisap
sudah longgar, yang menyebabkan bensin menyembur keluar dari lubang venturi karbu.
Jika spek masih sesuai standard pabrikan, tinggal gaya pengemudi yang juga sangat berperan dalam konsumsi bahan bakar. Spartan optimal jika dipakai pada kecepatan 50-70 Km/Jam. Dibawah atau diatas itu konsumsi bensin akan semakin boros. Dalam menarik tuas gas pun, usahakan seiring dengan pertambahan kecepatan, jangan dilakukan secara kontan kayak mau balapan. Hal ini yang butuh kesabaran extra. Maklumlah… 200 CC emang bikin tangan pengen muter tuas gas. Saat pindah gigi, tunggu sampai RPM udah stabil, agar daya mesin nggak ngedrop.
Busi spartan pakai NGK T60 |
http://vespa-indonesia.web.id/index.php
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
1 comments:
maaf om minta pencerahan nya klo vespa spartan untuk overseas seher nya sampai brpa ya om? trims sebelumnya
Posting Komentar