Motor udah keren, aksesoris udah komplit, mesin udah kenceng, cat ok
banget...
*Gimana cara ngerawatnya ya... ?*
* *Ini ada beberapa tips untuk merawat bahkan menyempurnakan cat motor kita.
emang agak ribet kelihatannya, cuman percaya deh... hasilnya bakal bikin
ketagihan. pinginnya jadi yang paling kinclong terus...
* *Ini ada beberapa tips untuk merawat bahkan menyempurnakan cat motor kita.
emang agak ribet kelihatannya, cuman percaya deh... hasilnya bakal bikin
ketagihan. pinginnya jadi yang paling kinclong terus...
so here we goes...
*Washing/mencuci :*
salah satu faktor yang paling besar dalam menimbulkan baret halus (swirl
mark) adalah kesalahan saat mencuci, jadi jangan anggap remeh step ini, oke
berikut alat dan step-stepnya:
mark) adalah kesalahan saat mencuci, jadi jangan anggap remeh step ini, oke
berikut alat dan step-stepnya:
*Sabun *
Shampoo mobil/motor adalah yang paling baik untuk digunakan mencuci motor
kita, jangan pernah memakai detergent (sabun colek,sabun cuci baju)untuk
mencuci bagian body, karena kandungannya sangat keras dan tidak sesuai untuk
cat motor kita, mahal dikit gak papa... yang penting jangka panjangnya cat
motor kita bakal terjaga terus.
kita, jangan pernah memakai detergent (sabun colek,sabun cuci baju)untuk
mencuci bagian body, karena kandungannya sangat keras dan tidak sesuai untuk
cat motor kita, mahal dikit gak papa... yang penting jangka panjangnya cat
motor kita bakal terjaga terus.
Untuk bagian lain (shock,ban,mesin,dan bagian lain yg bukan merupakan bagian
dari cat utama) boleh saja menggunakan sabun detergent untuk
membersihkannya.
dari cat utama) boleh saja menggunakan sabun detergent untuk
membersihkannya.
*Applicator (media untuk mencuci)*
Gunakan applicator yang lembut dan tidak membuat cat baret. sebagai contoh
gunakan salah satu jenis applicator ini:
gunakan salah satu jenis applicator ini:
grout sponge,sea sponge,wash mitt,lambs wool, Jangan gunakan busa jok atau
busa lainnya yang berpori kasar dan kecil. karena jenis busa ini cenderung
kasar dan menahan pasir (bukan memerangkap pasir di dalamnya),cari yang
porinya besar-besar sehingga kemungkinan untuk menimbulkan baret halus
(swirl mark) akan terhindar, karena pasir yg tertinggal di body akan
terperangkap di dalam pori applicator.
busa lainnya yang berpori kasar dan kecil. karena jenis busa ini cenderung
kasar dan menahan pasir (bukan memerangkap pasir di dalamnya),cari yang
porinya besar-besar sehingga kemungkinan untuk menimbulkan baret halus
(swirl mark) akan terhindar, karena pasir yg tertinggal di body akan
terperangkap di dalam pori applicator.
*2. System bucket*
Siapkan dua buah ember. Yang satu berisi shampoo yg sudah tercampur air, dan
yang satunya lagi hanya berisi air bersih saja.
yang satunya lagi hanya berisi air bersih saja.
*Mulai basah-basahan yuks :*
Semprot dengan air seluruh bagian motor, sampai kalian yakin klo kotoran dan
debu sudah hilang, mulai dengan meratakan shampoo yg ada di ember 1, dimulai
dari bagian atas dulu, dan ingat sebelom pindah ke bagian yang lain masukkan
dulu applicator tersebut ke ember 2 yg berisi air saja, goyang2kan
applicatornya hingga sisa kotoran dan shampoo turun.
debu sudah hilang, mulai dengan meratakan shampoo yg ada di ember 1, dimulai
dari bagian atas dulu, dan ingat sebelom pindah ke bagian yang lain masukkan
dulu applicator tersebut ke ember 2 yg berisi air saja, goyang2kan
applicatornya hingga sisa kotoran dan shampoo turun.
Masukan kembali ke ember 1, baru ulangi lagi langkah awal hingga selesai ke
bagian akhir dari motor. ulangi terus sampai yakin benar kalau motor sudah
benar-benar bersih.
bagian akhir dari motor. ulangi terus sampai yakin benar kalau motor sudah
benar-benar bersih.
semprot kembali bagian yang sudah dibersihkan tersebut, hingga sisa sabun
hilang dan benar-benar bersih.
hilang dan benar-benar bersih.
*Saatnya ngeringin :*
Untuk ngeringin paling bagus sih pake Microfiber Waffle weaf drying towell,
cuman saya akui memang harganya mahal (sekitar Rp.150.000,-). so what can we
do about it ? setidaknya gunain lap Chamois yang bagus, keringkan sampai ke
bagian celah2 motor. dan usahakan supaya lap tersebut terus dibilas,
sehingga tetap bersih.
cuman saya akui memang harganya mahal (sekitar Rp.150.000,-). so what can we
do about it ? setidaknya gunain lap Chamois yang bagus, keringkan sampai ke
bagian celah2 motor. dan usahakan supaya lap tersebut terus dibilas,
sehingga tetap bersih.
Jangan tinggalkan bercak air sedikitpun, karena bercak air yg tertinggal
berpotensi untuk menciptakan bekas noda air (water spot)nantinya, dan ampun
dahhhh... itu susah bgt ngilanginnya klo udah bertahan lama.
berpotensi untuk menciptakan bekas noda air (water spot)nantinya, dan ampun
dahhhh... itu susah bgt ngilanginnya klo udah bertahan lama.
Boleh juga klo kita punya kompresor di rumah, kita semprot bagian2
tersembunyi dan lubang-lubang baut yang memungkinkan air untuk mengendap.
tersembunyi dan lubang-lubang baut yang memungkinkan air untuk mengendap.
*Detailing process (acara poles memoles):*
This is where the fun begin…
Biasanya kita kan asal langsung poles aja tuh motor, sebenernya ada loh
step2nya, dan klo diikutin... motor yang butek bisa balik seger lagi tuh
hehehehehe,
step2nya, dan klo diikutin... motor yang butek bisa balik seger lagi tuh
hehehehehe,
*1. Claying*
Tujuannya untuk mengangkat kotoran2 yg udah lama banget nempel di body motor
kita, seperti bekas aspal,bekas kotoran yg me"ngerak",dll. Tujuan utamanya
ialah menyegarkan dan menghaluskan kembali cat motor kita. Kapan sih kita
bisa tahu klo kita butuh men'clay' motor kita?
kita, seperti bekas aspal,bekas kotoran yg me"ngerak",dll. Tujuan utamanya
ialah menyegarkan dan menghaluskan kembali cat motor kita. Kapan sih kita
bisa tahu klo kita butuh men'clay' motor kita?
Coba deh raba dengan tangan kita (atau bisa juga kita masukan tangan kita ke
dalam kantong plastik dan coba raba body motor kita dengan tangan yang sudah
terbungkus plastik tersebut), klo kerasa kasar... nah berarti motor kita
butuh nih treatment ini.
dalam kantong plastik dan coba raba body motor kita dengan tangan yang sudah
terbungkus plastik tersebut), klo kerasa kasar... nah berarti motor kita
butuh nih treatment ini.
Clay ini bentuknya mirip kaya lilin yang buat mainan anak2 itu.
Caranya,gosok clay ini disekujur cat motor dengan dilubrikasikan dulu
menggunakan quik detailer (nanti kita bahas lagi apa sih quick detailer/QD).
Caranya,gosok clay ini disekujur cat motor dengan dilubrikasikan dulu
menggunakan quik detailer (nanti kita bahas lagi apa sih quick detailer/QD).
gosok secara merata, lalu lap dengan menggunakan lap Microfiber/MF yang
berkualitas.
berkualitas.
Coba deh raba lagi.... wuih niscaya kayak pantat bayi tuh halusnya cat motor
kita .
kita .
*2. Cleaning,*
Tujuannya untuk menghilangkan bekas noda/wax
terdahulu,meminimalkan/menghilangkan baret halus (swirl mark) yang ada.
terdahulu,meminimalkan/menghilangkan baret halus (swirl mark) yang ada.
Caranya diolesin dengan merata ke seluruh bagian motor, lalu di gosok secara
perlahan dengan menggunakan Microfiber towel.
perlahan dengan menggunakan Microfiber towel.
*3. Polishing*
langkah ini bertujuan untuk menghidupkan kembali warna cat kita. jangankan
motor lama, motor yang baru keluar dari pabrik aja pasti ada cacatnya.
motor lama, motor yang baru keluar dari pabrik aja pasti ada cacatnya.
Nah... polishing adalah caranya. motor saya kebetulan masih tergolong baru,
begitu melewati tahap ini hasilnya keliatan sekali berbeda... sampai2 orang
dealernya aja nanya, di cat lagi ya pak motornya?
begitu melewati tahap ini hasilnya keliatan sekali berbeda... sampai2 orang
dealernya aja nanya, di cat lagi ya pak motornya?
Dan perlu diingat, hasil apa yang kita mau nanti di motor kita bergantung
pada tahap ini.
pada tahap ini.
Tahapan ini yang sebenarnya membuat tampilan cat lebih Deep dan wetlook.
Bukan hanya dari penggunaan wax saja. Jadi tahap ini adalah tahap yang
sangat penting untuk mendapatkan hasil yang sempurna.}
Bukan hanya dari penggunaan wax saja. Jadi tahap ini adalah tahap yang
sangat penting untuk mendapatkan hasil yang sempurna.}
*4. Waxing*
Pasti udah pada kenal sama tahap ini...? tahap ini yang biasa kita kenal
dengan istilah moles. tujuannya untuk memberikan proteksi terhadap sinar UV
di cat motor kita setelah semua tahapan di atas tadi.
dengan istilah moles. tujuannya untuk memberikan proteksi terhadap sinar UV
di cat motor kita setelah semua tahapan di atas tadi.
Produk mana yang bikin paling kinclong ?
cari yang terdapat kandungan pure carnaubanya (dibuat dari bahan alam).
Hanya kelemahannya, biasanya produk ini tidak dapat bertahan terlalu lama
terkena sinar matahari. klo mau yg awet kinclongnya ? cari yang berbahan
sintesis (biasa dikenal dengan Sealent product), basisnya dari bahan2 kimia
sehingga lebih tahan terhadap cuaca. cuman untuk kinclongnya sih lebih ok yg
pure carnauba.
terkena sinar matahari. klo mau yg awet kinclongnya ? cari yang berbahan
sintesis (biasa dikenal dengan Sealent product), basisnya dari bahan2 kimia
sehingga lebih tahan terhadap cuaca. cuman untuk kinclongnya sih lebih ok yg
pure carnauba.
*5. Maintaining*
Nah... semua proses tersebut dapat bertahan lebih lama lagi hasilnya klo
kita rawat. Gimana sih cara ngerawatnya?
kita rawat. Gimana sih cara ngerawatnya?
bisa dengan waxing motor 2 minggu sekali, klo mau lebih bagus lagi bisa juga
disemprotkan quik detailer setiap kita abis nyuci, step ini yang paling
sering saya lakukan untuk mempertahankan hasil dari semuanya.
disemprotkan quik detailer setiap kita abis nyuci, step ini yang paling
sering saya lakukan untuk mempertahankan hasil dari semuanya.
Klo semua step ini dilakukan dengan benar, hasilnya bakal RUARRRR...BIASA!
cat akan terlihat lebih Deep, wetlook ,dan slick setiap harinya.
cat akan terlihat lebih Deep, wetlook ,dan slick setiap harinya.
*yang perlu diingat dari semua proses ini adalah :*
-Jangan pernah mencampur campur produk ini dalam satu applicator pad. jadi
buat cleaning applicatornya sendiri,buat polishing sendiri,buat waxing juga
sendiri. lapnya juga gitu.. harus sendiri-sendiri.
buat cleaning applicatornya sendiri,buat polishing sendiri,buat waxing juga
sendiri. lapnya juga gitu.. harus sendiri-sendiri.
-Gunakan lap yang terbuat dari bahan Microfiber, emang sih agak mahal...
cuman yakin deh hasilnya bakal lebih bagus, gak bikin baret, dan lebih tahan
lama karena bisa dicuci berkali kali.
cuman yakin deh hasilnya bakal lebih bagus, gak bikin baret, dan lebih tahan
lama karena bisa dicuci berkali kali.
-Perhatikan betul langkah preparation step.nya, walaupun kita memakai Wax
yang harganya ratusan ribu rupiah hasilnya tidak akan maksimal kalau
preparation stepnya kurang baik.
yang harganya ratusan ribu rupiah hasilnya tidak akan maksimal kalau
preparation stepnya kurang baik.
Saran saya, investkan uang anda lebih banyak di tahap preparation
step.Gunakan selalu produk yang memang direferensikan untuk cat pada motor
anda.
step.Gunakan selalu produk yang memang direferensikan untuk cat pada motor
anda.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 comments:
Posting Komentar