Vespa Karawang Club. Karburator
sering kotor atau spuyer tersendat Dalam masalah ini berdampak langsung
dengan laju motor, motor dalam melaju tersendat- sendat atau motor malah
sulit untuk hidup terkadang
pula
busi sering mati terlihat dari ujung busi isolatornya berwarna hitam
kelang yang mengakiobatkan hilang nya percikan api di busi
Penyelesaiannya:
1. Bersihkan tangki bahan bakar dari kotoran dan karat
2. Periksa selang bensin dari kerak bahan bakar
3.
Bersihkan karburator menggunakan kompresor angin perikasa kembali
lubang- lubang spuyer jangan sampai ada kotoran yang tertinggal,
ketelitian di tuntut dalam hal ini
4.
Periksa ukuran lobang spuyer sudah pas belum jangan sampai kebesaran
atau kekecilan. Bila kebesaran motor akan boros bahan bakar dan juga
busi sering mati. Ukuran ubang spuyer berpatokan pada ukuran standar
pabrik
5.
Setingan atau penyetelan jarum ideal harus pas menurut pengalaman saya
caranya denmgan menyetel stasioner karbu pada stelan tertinggi, lalu
putar jarum ideal menggunakan obeng kekanan stelah berhenti putaran
jarum kendorkan kembali ke kiri perlahan-lahan sampai terdengar suara
mesin di putaran ter tinggi,
6.
Kalau di moncong karbu muncul suara ngook, akibat jarang servis karbu.
Hal ini akibat debu dan air mulai mengendap sehingga menggangu suplai
bensin dari tangki ke karbu hingga masuk ke ruang bakar. Trik
mengatasinya pertama lihat apakah bensin di tangki masih ada dan cukup
kirim ke karbu, kemudian pastikan juga keran bensin berfungsi baik dan
ditutup tangki terdapat saringan kotoran. Pengecekan berikut mengarah ke
bak karbu. Lihat apakah bensin yang tertampung di bak amat minim
lantaran tertahan jarum pelampung yang kemungkinan disetel terlalu irit.
Jika tidak, jangan lupa cuci endapan kotoran di filter yang ada di
tutup bak karbu. Lalu sikat kotoran yang melekat di spuyer hasil kiriman
dari tangki dan bak karbu. Caranya gampang tinggal lepas 2 spuyer
langsam dan utama yang terpasang di luar bodi karburator. Lalu semprot
dengan cairan pembersih.
0 comments:
Posting Komentar