Karawang . Vespa merupakan salah satu motor yang banyak digemari oleh banyak
kalangan di Indonesia. Kalangan orangtua dan anak muda sampai mereka
yang dekil-dekil menggemari si gambot Vespa.
Selain tampilannya yang unik dan ciamik, Vespa juga dapat memberikan kesan tersendiri bagi si pengendaranya terutama bagi pangendara Vespa antik dan retro. Si pengendara akan jauh lebih percaya diri mengendarainya.
Tapi, meski Vespa yang ada di Indonesia kebanyakan memiliki usia yang tua, untuk perawatannya tidaklah tumit. Merawat Vespa sama mudahnya seperti merawat motor-motor lainnya.
Ada 3 hal mudah yang harus selalu diperhatikan oleh pengendara Vespa. Adi, mekanik sekaligus pemilik bengkel khusus Vespa, Tejeem Racing yang berada di jalan Kalipandan Telukjambe Karawang, mencoba membeberikan tips mudah merawat motor Vespa agar tetap terawat. Apa saja?
Selain tampilannya yang unik dan ciamik, Vespa juga dapat memberikan kesan tersendiri bagi si pengendaranya terutama bagi pangendara Vespa antik dan retro. Si pengendara akan jauh lebih percaya diri mengendarainya.
Tapi, meski Vespa yang ada di Indonesia kebanyakan memiliki usia yang tua, untuk perawatannya tidaklah tumit. Merawat Vespa sama mudahnya seperti merawat motor-motor lainnya.
Ada 3 hal mudah yang harus selalu diperhatikan oleh pengendara Vespa. Adi, mekanik sekaligus pemilik bengkel khusus Vespa, Tejeem Racing yang berada di jalan Kalipandan Telukjambe Karawang, mencoba membeberikan tips mudah merawat motor Vespa agar tetap terawat. Apa saja?
1. Kontrol oli mesin dan oli samping
Caranya kalau oli mesin dianjurkan untuk diganti 1 bulan sekali. Tapi tergantung pemakaian motor jika setiap hari dipakai usahakan ganti 1 bulan sekali tapi kalau jarang digunakan minimal 2 bulan sekali.
Begitu juga dengan oli samping. Usahakan jangan sampai kurang.
Caranya kalau oli mesin dianjurkan untuk diganti 1 bulan sekali. Tapi tergantung pemakaian motor jika setiap hari dipakai usahakan ganti 1 bulan sekali tapi kalau jarang digunakan minimal 2 bulan sekali.
Begitu juga dengan oli samping. Usahakan jangan sampai kurang.
2. Servis sebulan sekali
Ini juga tergantung pemakaian, kalau sering digunakan dengan jarak tempuh yang jauh maka dianjurkan untuk melakukan servis ringan.
Servis ringan itu seperti pembersihan blok seher yang harus dibuka kemudian dibersihin kepala sehernya.
Karburator dibersikan menggunakan bensin dan disemprot menggunakan angin.
Yang tidak kalah pentingnya mengecek busi. Busi harus dibuka dan dicek apakah sudah hitem atau belum. Usahakan membersihkan ujung busi dengan ampelas dan bensin.
3. Tali kopling.
Biasanya kalau setingannya sudah berubah atau kurang tarik biasanya tali kopling itu sudah mau putus.
"Sebenarnya merawat motor Vespa agar tetap awet dan tidak sering mogor di jalan sangat mudah. Lakukan 3 hal ini saja sudah cukup. Meski sangat sederhana tapi 3 hal itu benar-benar dapat membantu merawat motor Vespa agar tetap prima," kata pria yang sudah 20 tahun bergelut di dunia motor Vespa saat berbincang dengan VKC zone>
Ini juga tergantung pemakaian, kalau sering digunakan dengan jarak tempuh yang jauh maka dianjurkan untuk melakukan servis ringan.
Servis ringan itu seperti pembersihan blok seher yang harus dibuka kemudian dibersihin kepala sehernya.
Karburator dibersikan menggunakan bensin dan disemprot menggunakan angin.
Yang tidak kalah pentingnya mengecek busi. Busi harus dibuka dan dicek apakah sudah hitem atau belum. Usahakan membersihkan ujung busi dengan ampelas dan bensin.
3. Tali kopling.
Biasanya kalau setingannya sudah berubah atau kurang tarik biasanya tali kopling itu sudah mau putus.
"Sebenarnya merawat motor Vespa agar tetap awet dan tidak sering mogor di jalan sangat mudah. Lakukan 3 hal ini saja sudah cukup. Meski sangat sederhana tapi 3 hal itu benar-benar dapat membantu merawat motor Vespa agar tetap prima," kata pria yang sudah 20 tahun bergelut di dunia motor Vespa saat berbincang dengan VKC zone>
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 comments:
Posting Komentar